• Header
Berita

Berita (206)

Kepala PPSDM KEBTKE secara resmi menutup Diklat Teknis Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Terpusat bagi pengelola dan Diklat Teknis Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hydro (PLTMH) bagi Operator dan atau Pengelola. Diklat Teknis Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Terpusat diikuti peserta sebanyak 37 orang yang berasal dari Provinsi Sumatera Barat sebanyak 11 orang, Maluku Utara 7 Orang, Kalimantan Selatan 4 orang, Sulawesi Tenggara 14 orang dan Sulawesi Selatan 1 orang. Sedangkan Diklat Teknis Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hydro (PLTMH) diikuti peserta sebanyak 18 orang yang terdiri dari 6 orang peserta operator yang berasal dari Provinsi Sumatera Barat, 12 orang peserta operator dari Sulawesi Barat.

Kepala PPSDM KEBTKE yang diwakili oleh Kepala Bagian Tata Usaha secara resmi membuka Diklat Teknis Manager Energi. Pelatihan ini bertujuan untuk menghasilkan manajer energi yang mampu melakukan manajemen (pengelolaan) energi guna meningkatkan kinerja energi pada industri. Diklat Teknis Manajer Energi pada Industri, diselenggarakan pada hari ini Senin, tanggal 21 Mei sampai dengan hari Rabu, tanggal 23 Mei 2018, dan dilanjutkan Uji Sertifikasi tanggal 24 sampai dengan 25 Mei 2018. Diklat ini akan diikuti oleh 33 orang peserta, yang semuanya berasal dari Lingkungan PT. Pertamina (Persero). Materi yang akan diberikan sebanyak 30 Jam Pelajaran. Tenaga Pengajar / Instruktur Diklat Teknis ini berasal dari : Direktorat Jenderal EBTKE; Widyaiswara ; dan Profesional Trainer

Kepala PPSDM KEBTKE secara resmi membuka Diklat Teknis Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Terpusat bagi pengelola dan Diklat Teknis Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hydro (PLTMH) bagi Operator dan atau Pengelola dan diklat teknis Pelaksanaan Assesment.

Diklat Teknis PLTS Terpusat Bagi Operator dan atau Pengelola bertujuan untuk menghasilkan Pengelola PLTS Terpusat yang mampu mengoperasikan, memelihara, dan mengelola PLTS Terpusat. Diklat Teknis PLTMH Bagi Operator dan atau Pengelola memiliki tujuan untuk menghasilkan sumber daya manusia yang mampu Mengoperasikan dan Memelihara Pembangkit PLTMH dengan baik dan benar. Diklat Teknis Pelaksanaan Asessmen Sebagai Asesor Kompetensi Muda Bidang Pembangkitan Tenaga Listrik bertujuan untuk menghasikan sumber daya manusia yang mampu melaksanakan tugas sebagai asesor kompetensi muda di bidang Distribusi Tenaga Listrik sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Kepala PPSDM KEBTKE secara resmi menutup Diklat Teknis Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Terpusat bagi pengelola dan Diklat Teknis Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hydro (PLTMH) bagi Operator dan atau Pengelola. Diklat Teknis Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Terpusat diikuti peserta sebanyak 41 orang yang berasal dari Kabupaten Kepulauan Mentawai Provinsi Sumatera Barat. Sedangkan Diklat Teknis Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hydro (PLTMH) diikuti peserta sebanyak 13 orang yang terdiri dari 4 orang peserta operator yang berasal dari Kota/Kabupaten Provinsi Nusa Tenggara Barat, 2 orang peserta operator dari Provinsi Kalimantan Barat, dan 7 orang perserta operator berasal dari Provinsi Sumatera Utara.

Energi merupakan sumber daya yang digunakan oleh manusia untuk melakukan suatu kegiatan dengan tujuan tertentu. Dengan adanya energi yang terdapat di bumi ini manusia dapat mengolah dan memanfaatkanya untuk proses kehidupan. Sesuai peraturan pemerintah Nomor 70 tahun 2009 pasal 12 tentang konservasi energi, bagi pengguna energi dalam jumlah besar atau minimal setara 6.000 Tonne Oil Equivalent (TOE) per tahun, wajib melakukan manajemen energi.

Kepala PPSDM KEBTKE secara resmi menutup Diklat Teknis Perencanaan Energi Daerah dengan jumlah peserta 13 orang Aparatur yang berasal dari Instansi Kementerian ESDM; dan Diklat Teknis PLTS Terpusat Bagi Operator dan atau Pengelola dengan jumlah peserta sebanyak 18 orang Masyarakat yang berasal dari Provinsi Kalimantan Tengah dan Provinsi Jawa Tengah.

PPSDM KEBTKE mengadakan Tasyakuran Bersama anak Yatim di Lingkungan Kelurahan Susukan, Kecamatan Ciracas. Tasyakuran ini diselengarakan merupakan ungkapan syukur kepada Allah SWT karena PPSDM KEBTKE telah berubah menjadi Badan Layanan Umum yang ke depan semakin banyak tantangannya. Acara ini juga mengundang adik-adik penerima santunan yang berasal dari lokasi di sekitaran kantor PPSDM KEBTKE ini yang turut mendo’akan agar PPSDM KEBTKE dapat melaksanakan pekerjaan dengan lancar sebagai Badan Layanan Umum.

Kepala PPSDM KEBTKE membuka secara resmi membuka dua kelas Diklat Teknis PLTS Terpusat Bagi Operator dan atau Pengelola serta Diklat Teknis Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hydro (PLTMH) Bagi Operator dan atau Pengelola.

Berdasarkan UU No. 30 Tahun 2009 tentang Ketenagalistrikan dikatakan bahwa pembangunan nasional bertujuan untuk mewujudkan masyarakat adil dan makmur yang merata materiil dan spiritual berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Kebijakan pemerintah untuk mempercepat listrik masuk desa semakin dikembangkan, dalam upaya mendorong kegiatan perekonomian serta meningkatkan kecerdasan dan kesejahteraan rakyat.

SURABAYA - Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) ESDM cq Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Ketenagalistrikan, Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (PPSDM KEBTKE) menyelenggarakan Workshop Launching Badan Layanan Umum (BLU) PPSDM KEBTKE, Kamis (12/4/18) di Surabaya.

Menteri ESDM, Ignasius Jonan menyampaikan bahwa dari segi bisnis, kesempatannya luas sekali . Pada tahun 2025, kapasitas listrik yang terpasang bisa mencapai 90rb megawatt. "Untuk bapak-bapak disini, bayar sesuai layanan.

Kepala PPSDM KEBTKE membuka secara resmi Diklat Teknis Pelaksanaan Asessmen Sebagai Asesor Kompetensi Muda Bidang Pembangkitan Tenaga Listrik, Diklat Teknis Auditor Energi Pada Industri, Diklat Teknis Evaluasi Fs PLTMH, dan Diklat Teknis PLTS Terpusat Bagi Operator Dan/ Atau Pengelola.

Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2009 tentang Ketenagalistrikan pasal Pasal 44 ayat 6 menyatakan bahwa ”Setiap tenaga teknik dalam usaha ketenagalistrikan wajib memiliki sertifikat kompetensi’’, selanjutnya Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Nomor 5 tahun 2014 tentang tata cara akreditasi dan sertifikasi ketenagalistrikan menyatakan bahwa Tenaga teknik ketenagalistrikan yang bekerja pada usaha ketenagalistrikan wajib memiliki Sertifikat Kompetensi yang diberikan oleh Lembaga Sertifikasi Kompetensi terakreditasi. Penyelenggaraan Diklat Teknis Pelaksanaan Asessmen Sebagai Asesor Kompetensi Muda Bidang Pembangkitan Tenaga Listrik untuk memenuhi kebutuhan tenaga asesor di bidang ketenagalistrikan.

Page 1 of 15

 

   
Copyright © 2017 Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi. All Rights Reserved.
Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral